Contoh Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia

20:11 gagaag 0 Comments

POLUSI UDARA



Polusi udara adalah kondisi dimana udara tercemari oleh bahan kimia yang membahayakan bagi kesehatan maupun lingkungan sekitar. Zat-zat yang terkandung dalam polusi udara antara lain, karbon monoksida, sulfur dioksida, gas Pb, sulfur trioksida, karbon dioksida, CFC, nitrogen oksida. Polusi udara disebabkan oleh tindakan manusia dan sebab alam. Penyebab polusi udara yang disebabkan oleh tindakan manusia adalah kegiatan industri, pembangkit listrik, pembakaran hutan secara liar, gas buang pabrik (CFC). Penyebab karena sebab alam adalah letusan gunung berapi, kebakaran hutan, dan denitrifikasi. Adapun sebab yang lain, seperti kebocoran tangki gas, dan uap pelarut organik.
Di indonesia tingkat polusi sangatlah memprihatinkan. Salah satu studi melaporkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ketiga di dunia. World Bank juga menempatkan Jakarta menjadi salah satu kota dengan kadar polutan atau partikulat tertinggi setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City. Di indonesia penyebab polusi tertinggi dipengaruhi oleh asap kendaraan bermotor. Menurut penelitian, sekitar 85% polusi di indonesia dipengaruhi oleh emisi gas buang dari kendaraan bermotor. Selain itu juga akibat dari pembakaran hutan dan kegiatan perindustrian.
Polusi udara dapat mengaibatkan dampak yang sangat berbahaya. Dampak akibat polusi udara yang paling utama adalah mengganggu kesehatan, dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA, karena zat yang terkandung dalam polusi udara dikategorikan sebagai toksik dan karsinogenik yang membayakan kesehatan. Dampak yang lain yaitu, hujan asam, yang dapat mempengaruhi kualitas air permukaan, merusak tanaman, dan dapat merusak bangunan karena sifatnya yang korosif.
Polusi udara dapat dicegah atau diminimalisir dengan cara antara lain, dengan mengurangi pemakaian bahan bakar fosil terutama yang mengandung asap serta gas-gas polutan lainnya agar tidak mencemarkan lingkungan, mengurangi sistem transportasi, dan memperbanyak tanaman hijau.



0 comments: