CANDI BOROBUDUR

22:22 gagaag 11 Comments

Candi Borobudur merupakan satu-satunya Candi Budha terbesar didunia. Candi ini tetap menjadi nomor satu di kalangan para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk dikunjungi.Candi Borobudur dibangun oleh seorang bernama Samaratungga, merupakan seorang raja kerajaan Mataram Kuni juga keturunan dari Wangsa Syailendra pada abad ke-8 Masehi. Keberadaan candi ini pertama kali diketahui oleh Thomas Stanford Rafles sekitar tahun 1814. Ketika itu, pertama kali Candi Borobudur ditemukan dalam keadaan berserakan dan terpendam tanah.
      Candi ini memiliki 10 tingkat sebenarnya memiliki tinggi secara keseluruhan yaitu 42m. Setelah dilakukan renovasi tinggi keseluruhan Candi Borobudur hanya mencapai 34,5 m dengan luas secara keseluruhan yaitu 123x123m/15.129m2. Setiap tingkat lantainya dari lantai paling bawah hingga lantai keenam berbentuk persegi,sedangkan lantai ketujuh sampai lantai ke sepuluh /terakhir berbentuk bulat.  
       Candi Borobudur merupakan Candi Buddha terbesar pada abad ke-9 Masehi. Menurut Prasasti Kayumwungan,candi ini selesai dibuat pada 26 Mei 1824/hampir 100 tahun semenjak mulai awal dibangun. Konon arti dari Borobudur itu sendiri yaitu gunung yang berteras-teras/bisa disebut dengan Budhara. Para ahli mengatakan bahwa letak Candi Borobudur berada pada ketinggian 235m dari permukaan laut. Para ahli Geologi membuktikan bahwa Candi Borobudur adalah sebuah kawasan danau yang besar sehingga sebagian besar desa yang berada di sekitar candi memiliki ketinggian yang sama, termasuk Candi Pawon dan Candi Mendut.
       Berdasarkan Prasasti 842AD,seorang sejarawan Casparis menyatakan bahwa Borobudur merupakan salah satu tempat untuk berdoa. Dalam prasasti mengandung kata “Kawula I Bhumi Sambara” yang artinya asal kesucian dan Bhumi Sambara merupakan nama sebuah sudut di Candi Borobudur .
       Setiap lantai pada Candi Borobudur terdapat tema-tema yang berbeda karena setiap tingkat melambangkan tahap kehidupan manusia. Ini sesuai dengan ajaran Budha Mahayana bahwa setiap orang yang ingin mencapai tingkat kesempurnaan sebagai Budha harus melalui setiap tahap kehidupan. Pada setiap lantai di Candi Borobudur terdapat relief-relief yang bila dibaca dengan runtut akan membawa kita memutari candi searah jarum jam.
                                                                                                


11 comments:

  1. candi yang keren
    Tiap mampir ke jogja pasti kesini :D

    ReplyDelete
  2. Indonesia bangga punya candi borobudur, apalagi masuk salah satu keajaiban dunia :)

    ReplyDelete
  3. sayangnya sekarang banyak arca2 yg pada rusak

    ReplyDelete
  4. Wow 10 tingkat. Nggak pernah ngitung sih, sekadar ke sana.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Mntap gans postnya.....

    ReplyDelete
  7. makasih untuk info candi borobudurnya.

    ReplyDelete
  8. okeeyy aganss agans terimakasihhh

    ReplyDelete